Bicara soal K-Pop, pasti para pecintanya tak dapat lepas dari boyband Monsta X. Meski tergolong pendatang baru, fakta Monsta X selalu saja menjadi perburuan ganas para penggemar K-Pop. Pasalnya, ketika debut pada tahun 2015 lalu, para member-nya seringkali menyita perhatian para fans, terutama kaum hawa.

Nah, bagi Sahabat Boombastis (Saboom) yang belum mengenal apa dan siapa itu Monsta X, tenang saja. Dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan menguak 5 fakta penting yang bisa menjadi pedomanmu untuk mengenal boyband Monsta X ini. Sudah siap mengetahui lima faktanya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Monsta X memiliki arti “bintangku yang akan menaklukan dunia K-Pop”

Boyband besutan Starship Entertainment ini beranggotakan 7 orang, yang terdiri dari Shownu, Jooheon, Kihyun, Hyungwon, Wonho, Minhyuk, dan I.M. Berbeda dari boyband dan girlband kebanyakan yang namanya Korea banget, seperti BTS—Bangtan Sonyeondan atau SNSD—Sonyeo Shidae, Monsta X merupakan nama yang berasal dari Bahasa Perancis.

Monsta X Full Team

Mon—yang berarti milikku, dan Sta adalah bintang yang “r”-nya dihilangkan, sehingga Monsta memiliki arti bintangku. Sedangkan X, adalah tempat yang tidak diketahui. Jadi jika digabung, kira-kira arti Monsta X adalah bintangku yang berasal dari antah berantah, siap bersinar dan menaklukan dunia K-Pop saat ini. Filosofis banget, euy!

2. Terbentuk dari program survival bertajuk No Mercy: Trainees Brutal Debut Battle

Program survival di Korea Selatan sama saja dengan ajang pencarian bakat di Indonesia. Namun, perbedaannya terletak pada para kontestannya. Jika siapa saja bisa mengikuti Indonesian Idol dan dibina setelah menjadi finalis, program survival ini hanya bisa diikuti oleh para trainee—orang-orang yang sudah berlatih sejak lama untuk menjadi Idol.

Program Survival No Mercy

Agensi Starship Entertainment kala itu memiliki 13 trainees secara total yang siap untuk debut. Namun, melalui program survival No Mercy hanya ada 8 orang yang akan terpilih dan bisa debut sebagai boyband. Sisanya harus kembali ke masa-masa kelam latihan dan belum bisa menjadi artis. Akhirnya, 8 orang itu adalah siapa Monsta X sekarang.

3. Memiliki light stick bernama Monlight yang dijual seharga Rp650.000

Sama halnya dengan fans JKT48 yang selalu membawa light stick berupa fosfor berwarna-warni, Monsta X juga memiliki ciri khasnya sendiri. Para monbebe—nama fans Monsta X menyebutnya Monlight. Light stick yang sudah dijual secara bebas di pasaran ini hanya berada di Korea Selatan, sehingga jika para fans Indonesia menginginkannya, maka mereka harus ikut pre-order (PO) terlebih dahulu.

Light Stick Monsta X

Harga yang dipatok bermacam-macam, namun jika kalian menginginkan Monlight resmi dan tak mudah rusak, Rp650.000 harus dikeluarkan dari dompet masing-masing. Namun, harga segitu tak berarti apa-apa untuk fans setia Monsta X yang selalu mendukung idolanya kapanpun dan di mana pun.

4. Albumnya yang bertajuk The Clan Pt. 2.5: The Final Chapter berhasil mencuri perhatian di AS

Rupanya, aliran musik K-Pop mulai dicintai banyak negara di dunia, tak hanya Asia saja. Pada Maret 2017 lalu, boyband  Monsta X meluncurkan album studio perdananya yang diberi judul The Clan Pt. 2.5: The Final Chapter yang berisi 8 lagu. Tak hanya laku di Korea Selatan, rupanya album ini juga mendapat perhatian di Jepang dan Amerika Serikat.

Mon Bebe

Hal ini diungkapkan sendiri oleh agensi Starship Entertainment, dan mereka menyatakan siap untuk meluaskan sayap Monsta X hingga ke Amerika Serikat. Waduh, kalau begini, sih, dapat dipastikan konser-konsernya di seluruh dunia bakal laku keras! Album fisiknya saja sudah dinanti-nanti oleh para monbebe seluruh dunia.

5. Telah membawa pulang 7 piala penghargaan semenjak debut

Tak ayal jika Monsta X begitu digemari banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Sepak terjangnya di industri hiburan Korea Selatan pun tak main-main. Semenjak debutnya pada tahun 2015, mereka berhasil membawa pulang 7 piala dari berbagai macam penghargaan musik Korea Selatan.

Monsta X in MAMA 2015

Pada tahun 2015, penghargaannya diawali oleh ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) sebagai Best New Asia Artist. Tahun selanjutnya, mereka membawa pulang piala dari Seoul Music Awards, Golden Disk Awards, serta MAMA. Tahun 2017 dan 2018, mereka pun kembali menorehkan prestasi di ajang Seoul Music Awards dan Golden Disk Awards.

Pantas saja jika semakin hari, monbebe semakin bertambah banyak. Selain para member Monsta X ini menyayangi fans-nya, mereka juga terus berprestasi di ajang penghargaan Korea Selatan. Itulah 5 fakta penting yang bisa menjadi pedoman kalian tentang boyband Monsta X. Adakah di antara kalian yang ingin daftar menjadi monbebe?