in

5 Wabah Penyakit Mematikan ini Pernah Membuat Indonesia Jatuh Bangun

Campak pada anak

Selain masalah sosial politik yang penuh dengan kontroversi. Indonesia juga pernah mengalami masalah serius dalam bidang kesehatan dalam bentuk pandemi. Indonesia pernah diinvasi oleh beberapa virus berbahaya dan membuat banyak sekali warganya terinfeksi, bahkan meninggal dunia dengan cepat.

Wabah ini membuat Indonesia benar-benar terpuruk di masa lalu. Mereka terus mengusahakan agar penyakit mengerikan ini hilang dengan cepat. Namun pergerakan virus jauh lebih cepat dari pergerakan pemerintah dalam membuat warga bisa sembuh dan terhindar dari risiko kematian. Inilah lima penyakit mematikan yang membuat Indonesia jadi pontang-panting itu.

1. Kolera

Indonesia pernah terkena wabah kolera setidaknya dua kali. Pertama saat perang dunia kedua tepatnya di tahun 1926. Saat itu Indonesia masih berada di bawah jajahan Belanda. Selanjutnya di tahun 1961, wabah ini menyebar dengan sangat pesat di daerah Sulawesi Selatan dan menyebar ke banyak daerah di Indonesia. Pemerintah membutuhkan waktu setidaknya 10 tahun untuk penanganan kolera yang mematikan ini.

Agar tidak dehidrasi [image source]
Agar tidak dehidrasi [image source]
Penyakit ini mudah sekali menular. Hanya terkena air yang keluar dari tubuh penderita saja orang bisa terkena kolera. Penderita kolera biasanya akan mengalami mual yang berlebihan. Mereka akan muntah berkali-kali dan juga diare yang cukup parah. Pasien kolera yang tak segara diberi perawatan akan kehilangan banyak cairan tubuh. Dan ini bisa menyebabkan kematian dengan instan.

2. Campak

Campak adalah wabah selanjutnya yang banyak kerap menyerang Indonesia dari dulu hingga sekarang. Wabah ini kerap menyerang anak-anak karena memiliki daya tahan tubuh yang sangat rendah. Namun tak menuntut kemungkinan seseorang yang dewasa juga mengalami campak. Jika seseorang pernah terkena campak sekali saja, maka seumur hidup ia akan kebal dengan penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

campak [image source]
campak [image source]
Campak mudah sekali menyebar. Lewat sentuhan, cipratan cairan tubuh seperti ludah pun bisa membawa virus untuk menyebar. Individu yang mengalami campak biasanya akan mengalami demam tinggi pada tubuhnya. Selanjutnya akan muncul benjolan kecil pada tubuh yang lambat laun akan membekas seperti luka. Untuk mengatasi campak ini pemerintah selalu mewajibkan anak-anal divaksin campak agar saat dewasa tubuh bisa kebal dengan penyakit yang bisa mematikan ini.

3. Difteri

Difteri adalah penyakit yang mewabah dengan sangat cepat di Indonesia. Setidaknya setiap tahun selalu ada wabah difteri di berbagai provinsi di Indonesia. Wabah ini sangat mematikan karena bisa membuat korbannya meninggal dengan sangat cepat. Terutama mereka yang masih anak-anak dan tak segera mendapatkan perawatan yang sangat baik. Pada awal tahun 2016 ini, di beberapa daerah Jawa Timur mulai darurat difteri yang cuku parah. Pemerintah daerah sudah mulai melakukan vaksinasi agar tak tidak muncul korban jiwa.

vaksin difteri [image source]
vaksin difteri [image source]
Penyakit difteri biasanya ditandai dengan tenggorokan sakit, demam, sulit bernapas dan menelan. Mulut dan hidung selalu mengeluarkan lendir. Penderita biasanya selalu mengalami kelelahan berlebih dan membuatnya selalu lemas. Penderita difteri harus segera mendapatkan penanganan agar jumlah korban meninggal tidak semakin banyak.

4. Polio

Polio adalah penyakit selanjutnya yang sangat berbahaya di Indonesia. Penyakit ini menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan pada beberapa organ tubuh, biasanya kaki. Orang yang terkena polio sejak kecil akan mengalami pengecilan organ gerak hingga membuatnya susah berjalan dengan baik. Dalam beberapa kasus polio bisa menyebabkan tak berfungsi otot pernapasan dan menyebabkan penderitanya meninggal.

polio [image source]
polio [image source]
Polio sebenarnya wabah dunia, WHO bahkan sempat menyatakan darurat polio di seluruh dunia. Semua orang terutama anak-anak akan divaksin agar kebal dengan virus berbahaya ini. Di Asia Tenggara, khususnya Indonesia baru bebas polio pada tahun 2014 lalu. WHO mengatakan bahwa suntik polio pada bayi sudah tidak diperlukan lagi.

5. Flu Spanyol

Flu Spanyol adalah flu yang menyebar dari Spanyol ke seluruh penjuru dunia di tahun 1916. Saat perang dunia ke-I berlangsung, dunia justru harus bertahan dari flu yang merupakan jenis influenza A subtipe H1N1. Virus ini menyebar dengan cepat dan membunuh setidaknya 50 juta orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

wabah flu Spanyol [image source]
wabah flu Spanyol [image source]
Saat Belanda masih menguasai Indonesia, wabah flu mematikan ini pernah membunuh banyak orang. Sebuah catatan medis mengatakan jika di daerah Tana Toraja pernah ada wabah mematikan ini. Dalam hitungan hari banyak orang meninggal dunia dengan cepat. Bahkan menurut saksi mata, saat itu situasi Tana Toraja jadi mencekam. Tak banyak orang berani keluar rumah karena takut terkena virus mematikan ini.

Inilah lima wabah penyakit mematikan yang pernah melanda Indonesia. Selain lima penyakit di atas benarnya masih ada DBD dan Cikungunya yang tak kalah mematikan. Semoga di tahun-tahun yang akan datang, Indonesia bisa lepas dari wabah atau pandemi mematikan apa pun jenisnya.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

7 Fakta Miris Tentang Kemiskinan Dunia ini Akan Membuatmu Menghargai Sebutir Nasi

madu-murni [image source]

Mengatasi Jerawat Dengan Madu