in

7 Alasan Kenapa Orang yang Hobinya Traveling Selalu Bisa Hidup dengan Sukses

traveling bikin sukses

Ada sebuah joke yang barangkali sering anda dengarkan tentang orang yang terlalu serius dengan hidupnya. Joke itu berbunyi begini: Ah, kamu kurang piknik, makanya enggak bisa menikmati hidup. Atau yang paling parah: ah, kamu kurang piknik, makanya enggak bisa jadi sukses.

Ok, wait! Emang ada hubungannya antara orang yang hobinya traveling atau piknik dengan sebuah kesuksesan? Well, dengan berat hati harus dikatakan, iya. Ada hubungannya, tujuh alasan yang akan anda baca bisa menjadi dasar kalau orang yang hobi traveling punya kemungkinan sukses yang tinggi dalam hidupnya.

1. Bisa Keluar dari Zona Nyaman

Orang yang selalu berkutat dengan zona nyamannya tak akan bisa melakukan apa-apa. Jika beri tantangan baru mereka akan berusaha menghindar. Atau kalau pun bisa melakukannya, hasil yang didapatkan tidak akan bisa maksimal. Orang yang sering sekali bepergian biasanya akan dengan mudah keluar dari zona nyaman. Apalagi mereka yang bepergian dengan backpacker.

Bisa Keluar dari Zona Nyaman [image source]
Bisa Keluar dari Zona Nyaman [image source]
Mau tidak mau mereka akan dituntut agar bisa melakukan segala hal di luar kenyamanan. Misal tidur di penginapan yang panas, atau makan seadanya. Hal lain yang harus dilakukan adalah memutar otak agar keuangan tercukupi. Hal-hal semacam ini akan membuat anda gampang menyesuaikan diri dalam berbagai hal. Bahkan dalam lingkungan pekerjaan yang sulit apa pun.

2. Tahu Bagaimana Mengontrol Emosi dan Stres

Seseorang yang keluar dari zona nyaman biasanya akan menemui banyak sekali kesulitan dalam hidupnya. Hal ini terjadi saat anda traveling. Banyak kejadian bisa membuat anda jadi marah, sedih, dan ingin segera kembali pulang. Hal-hal semacam ini akan perlahan anda kuasai jika berada di luar apalagi sendirian saja.

Tahu Bagaimana mengontrol Emosi dan Stres [image source]
Tahu Bagaimana mengontrol Emosi dan Stres [image source]
Anda akan mampu mengontrol emosi bahkan mungkin stres yang terjadi selama perjalanan. Jika hal ini bisa dilakukan, maka kehidupan sesungguhnya akan berjalan dengan jauh lebih baik. Setiap ada masalah anda akan segera menyelesaikannya dengan sempurna tanpa perlu emosi terlebih dahulu dan membuat segala hal jadi runyam.

3. Mampu Mengendalikan Ketakutan dan Melaluinya dengan Baik

Saat sedang traveling, banyak hal bisa terjadi dengan anda. Misal anda kehilangan barang atau pun uang. Hal ini membuat anda jadi takut dan khawatir tidak bisa pulang atau melakukan aktivitas lain dengan baik. Selain masalah teknis seperti yang disebutkan sebelumnya, anda juga akan menemui banyak sekali orang dengan kepribadian yang berbeda-beda.

mengontrol ketakutan, tak takut berada di ketinggian [image source]
mengontrol ketakutan, tak takut berada di ketinggian [image source]
Anda harus mengatasi ketakutan untuk melakukan komunikasi dengan orang. Anda harus tahu bagaimana menghadapi orang semacam itu. Hal semacam ini kerap terjadi saat anda melakukan traveling ke banyak tempat. Jika mengendalikan rasa takut ini bisa dilakukan maka banyak hal dalam hidup akan berjalan dengan lancar. Misal berani menciptakan peluang baru tanpa harus takut gagal.

4. Bisa Menentukan Tujuan dengan Baik

Dalam hidup, memiliki sebuah tujuan adalah hal yang sangat penting. Tanpa ada sebuah tujuan atau target, maka hidup tak akan terarah dengan baik. Saat traveling biasanya anda dituntut untuk mampu menentukan tujuan dengan baik. Jika tujuan tak bisa dikunjungi maka anda juga harus bisa mencari alternatifnya dengan baik.

Bisa Menentukan Tujuan dengan Baik [image source]
Bisa Menentukan Tujuan dengan Baik [image source]
Terbiasa menentukan sebuah tujuan dalam traveling akan membuat anda mudah menentukan tujuan dalam hidup. Bahkan tujuan dan target dalam sebuah pekerjaan sekali pun. Dengan memiliki hal ini maka anda akan bisa mengetahui mana saja yang bisa dikerjakan dan mana saja yang sekiranya bisa membuat anda sukses dengan cepat.

5. Mampu Melakukan Negosisasi

Hidup memang tak selamanya berjalan lurus dan indah. Banyak sekal kelokan yang membuat anda jadi harus melakukan negosiasi. Dengan melakukan itu anda akan bisa menyesuaikan diri dengan baik dengan keadaan sesulit apa pun. Dalam melakukan traveling, negosiasi adalah hal yang harus anda lakukan untuk memperoleh semua keinginan.

Mampu Melakukan Negosisasi [image source]
Mampu Melakukan Negosisasi [image source]
Misal anda melakukan negosisasi tentang harga makanan atau penginapan. Anda melakukan ini untuk menyesuaikan dengan budget yang mungkin saja terbatas. Selain itu, anda juga harus melakukan negosiasi dengan diri anda sendiri. Misal mau diajak untuk hidup sudah sejenak dengan keterbatasan yang ada. Jika anda mahir bernegosiasi, hidup anda akan jauh lebih mudah terlebih jika anda memiliki sebuah bisnis.

6. Mampu Memahami Banyak Sekali Orang

Anda akan menemui banyak sekali orang saat melakukan traveling. Seperti yang disebutkan di beberapa poin di atas. Saat traveling anda akan menemui banyak orang hingga mau tidak mau harus melakukan sosialisasi dengan mereka. Setelah sosialisasi ini berjalan dengan baik maka selanjutnya anda akan dengan sangat mudah memahami mereka satu persatu.

Mampu Memahami Banyak Sekali Orang [image source]
Mampu Memahami Banyak Sekali Orang [image source]
Dengan memahami banyak sekali orang, anda akan dengan mudah menyesuaikan diri dalam hidup. Misal mengetahui siapa saja yang bisa jadi kawan atau pun lawan. Hal seperti ini juga bisa bermanfaat jika anda memiliki rekan kerja. Memahami mereka akan memudahkan anda dalam melakukan pekerjaan hingga hasil yang diharapkan bisa segera tercapai.

7. Tahu Bagaimana Mengatur Keuangan

Barangkali tidak semua traveler adalah orang yang memiliki keuangan berlimpah. Bisa jadi mereka hanya memiliki uang pas-pasan dan menggunakannya seirit mungkin saat traveling. Orang yang terbiasa traveling akan dengan sangat gampang mengatur keuangan mereka. Boros dan mengeluarkan uang tak perlu jarang sekali dilakukan karena segala hal butuh perencanaan yang sangat matang.

Tahu Bagaimana Mengatur Keuangan [image source]
Tahu Bagaimana Mengatur Keuangan [image source]
Dalam hidup, mau kaya atau miskin, semua orang harus mampu mengatur keuangannya. Dengan mampu mengatur keuangan, maka segala hal bisa berjalan dengan sangat baik. Anda juga akan selalu melakukan banyak hal dengan mempertimbangkan banyak hal. Dan terpenting lagi bukan masalah banyaknya uang, tapi bagaimana mengaturnya agar bisa mencukupi segala hal.

Inilah tujuh alasan kenapa orang yang hobinya traveling selalu bisa membuat hidupnya jadi sukses. Dan terbukti, kan? Banyak hal yang kita pelajari saat traveling dan membuat hidup kita jadi jauh lebih baik.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Hal ini Jadi Bukti Kalau Indonesia Berpotensi Menjadi Tiongkok Kecil

5 Jenderal Perang Paling Buruk Sepanjang Sejarah ini Berhasil Membuat Malu Negaranya