in

5 Tokoh Difabel yang Menginspirasi Banyak Orang di Seluruh Dunia

difabel mengispirasi

Setiap orang pasti ingin lahir dengan sempurna meski kadang nasib berkata lain. Ada yang lahir dengan bagian tubuh lengkap namun punya kekurangan fungsi. Ada juga yang lahir dengan cacat fisik tapi memiliki banyak sekali kelebihan. Mereka adalah orang-orang yang sebenarnya sama dengan kita semua meski kadang mengalami diskriminasi.

Itulah mengapa setiap tanggal 3 Desember selalu diperingati sebagai hari difabel. Hari di mana mereka semua menyuarakan hak-hak yang kadang tak diberi dan menuntut adanya kesetaraan dengan orang yang dianggap lebih normal.

Lantas apakah orang difabel tidak bisa melakukan apa-apa? Jawabannya adalah tidak. Banyak sekali orang difabel yang justru berprestasi. Seperti yang dilakukan oleh tujuh tokoh difabel ini. Di tengah kekurangan yang ada dalam hidupnya, justru mereka terus semangat hingga akhirnya mampu menginspirasi banyak orang!

1. Angkie Yudistia (Indonesia)

Angkie Yudistia adalah seorang wanita cantik yang memiliki kekurangan pendengaran sejak kecil. Meski demikian ia mampu menyelesaikan pendidikan dasarnya hingga SMA meski sedikit kesulitan. Ia tak mampu mendengar apa-apa sehingga terkadang harus belajar lebih ekstra saat sekolah. Belum lagi ia juga kerap mendapatkan hinaan dari teman-temannya.

Angkie Yudistia [image source]
Angkie Yudistia [image source]
Kekurangan dialami ternyata tak membuat Angkie jadi patah arah meski awalnya sedikit minder. Akhirnya dengan sekuat tenaga ia berhasil lulus dari London School of Public Relations dengan IPK cum laude. Saat ini ia menjadi aktivis tunarungu dan terlibat banyak dalam kegiatan sosial. Ia juga aktif dalam dunia tulis menulis hingga ceritanya mampu membuat banyak orang terinspirasi. Angkie adalah figur difabel yang mampu menembus banyak batas.

2. Anthony Robles (Amerika)

Anthony Robles adalah seorang pegulat profesional yang saat ini berusia 27 tahun. Meski hanya memiliki satu kaki saja, Anthony ternyata mampu melawan banyak sekali musuhnya. Bayangkan, seorang pegulat yang butuh kekuatan ekstra harus bertarung dengan satu tangan saja dan menang. Bukankah itu sangat hebat?

Anthony Robles [image source]
Anthony Robles [image source]
Atas aksinya yang mampu mengalahkan pegulat normal, Anthony mendapatkan penghargaan pada tahun 2012 silam sebagai Most Courageus Athlete Award. Saat ini Anthony banyak sekali mengisi seminar-seminar motivasi untuk membuat banyak orang dengan kekurangan tubuh tetap semangat menjalani hidup.

3. Nick Vujicic (Australia)

Nick Vujicic adalah seorang warga Australia yang sejak lahir tidak memiliki tangan dan juga kaki. Ia menderita Tetra-amelia Syndrom yang membuat bagian tubuh untuk bergeraknya tidak bisa tumbuh. Sejak kecil Nick selalu mendapatkan banyak tekanan, baik dari dalam dirinya, orang tua, hingga lingkungannya sekolah. Namun hal ini lambat laun sirna karena Nick bisa hidup dengan mandiri meski memiliki banyak sekali kekurangan.

Nick Vujicic [image source]
Nick Vujicic [image source]
Nick akhirnya berhasil menyelesaikan semua studinya hingga universitas. Setelah itu ia gemar memberikan seminar motivasi kepada banyak sekali orang di seluruh dunia. Bahkan sampai saat ini ada lebih dari 25 negara yang ia singgahi. Ia pun juga mendirikan organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan orang difabel agar tetap semangat dan bisa mandiri.

4. Tony Melendez (Nikaragua)

Tony Melendez adalah seorang musisi yang sangat hebat meski tidak memiliki dua tangan. Ia mampu memainkan gitarnya secara indah meski menggunakan dua kaki. Salah satu penampilan paling indah dari Tony Melendez adalah saat ia memainkan lagu di depan Paus Yonanes Paulus II pada tahun 1987. Sejak itu ia terus menjalankan bakat bermusiknya meski kekurangan membuatnya terus bertahan.

Tony Melendez ternyata tak hanya mampu memainkan gitar saja. Ia pun mampu bernyanyi dengan sangat baik dan menciptakan semua lagu-lagunya sendiri. Selain itu Tony juga memiliki banda yang selalu tampil di banyak tempat sembari menyebarkan motivasi kepada semua orang di seluruh dunia. Ia ingin membuktikan jika semua orang bisa melakukan hal positif meski memiliki kekurangan secara fisik.

5. Stevie Wonder

Tidak ada orang di dunia ini yang tak mengenal Stevie Wonder. Ia adalah seorang penyanyi yang sangat berbakat dari kecil meski memiliki keterbatasan. Stevie buta sejak kecil hingga membuatnya tak bisa melakukan apa-apa. Namun ternyata ia memiliki bakat di bidang tarik suara hingga keluarganya menyuruh ia untuk kursus musik. Dan, boom! Sejak kemunculannya Stevie langsung menjadi idola banyak sekali orang.

Stevie Wonder [image source]
Stevie Wonder [image source]
Meski buta ia sangat pandai dalam bermusik. Bahkan ia bisa memainkan berbagai alat musik yang berbeda. Keterbatasannya dalam melihat membuatnya lebih peka dalam bunyi. Stevie wonder hingga sekarang telah memiliki lebih dari 25 album. Ia pun telah memenangkan penghargaan Grammy Award lebih dari 20 kali. Sebuah prestasi yang sulit disamai oleh musisi lain yang memiliki keterbatasan pada tubuh.

Lima orang di atas hanya sebagian contoh saja. Selain itu ada banyak sekali orang dengan keterbatasan dan difabel tapi mampu menjalani hidup jauh lebih baik dari yang sempurna. Bahkan menginspirasi banyak orang. Itulah mengapa kita jangan pernah menganggap remeh mereka yang memiliki kekurangan pada tubuh. Bisa jadi mereka jadi lebih hebat dari kita semua!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

6 Kota Bawah Tanah Ini Cocok Buat Kamu yang Lelah Dengan Kebisingan Kota

5 Orang Atheis Ini Sumbangannya Lebih Besar Daripada Orang Beragama