in

Nggak Nyangka, 5 Teknologi Hebat ini Justru Hilang di Masa Depan

teknologi hilang

Dari hari ke hari pengetahuan manusia tentang sains dan teknologi semakin maju. Bahkan bisa dibilang kemajuannya sangat pesat. Penemuan-penemuan baru banyak bermunculan untuk membantu kehidupan manusia. Kita ambil contoh saja perkembangan alat komunikasi. Dari kentongan di masa lalu, kini segalanya berubah total. Ponsel canggih sudah banyak bermunculan dan memudahkan semua orang untuk melakukan komunikasi melalui suara, gambar ataupun teks secara real time.

Kita mungkin menganggap jika teknologi di masa lalu selalu kuno. Orang dengan peradaban kuno bagaimana mungkin bisa membuat sesuatu yang “wah”. Namun, dalam beberapa hal, teknologi di masa lalu justru sangat hebat. Bahkan menjadi dasar untuk teknologi di masa depan. Sayangnya, banyak dari teknologi itu yang hilang, dan manusia tak bisa membuat duplikatnya. Inilah 5 teknologi hebat yang justru hilang di masa modern.

1. Starlite si Plastik Kebal Panas

Starlite adalah sebuah teknologi di bidang Kimia yang berhasil ditemukan oleh Maurice Ward. Starlite adalah campuran bahan-bahan tertentu yang tak diketahui komposisinya. Bahan ini adalah plastik tahan panas yang sangat baik di dunia. Bahkan tahan setelah dipanaskan dengan suhu mencapai 10.000 derajat Celcius. Dengan suhu ini, semua plastik akan lumer, bahkan gosong.

Maurice Ward dan Starlite [image source]
Maurice Ward dan Starlite [image source]
Sayangnya, teknologi ini telah hilang. Pembuatnya tidak memberi tahu siapa-siapa tentang komposisi dari starlite. Ia meninggal di tahun 2011 dan mengubur semua teknologi yang harusnya bisa berguna bagi semua umat manusia di seluruh dunia. Plastik ciptaan Maurice akan mengubah banyak hal di dunia ini terutama pada industri plastik dunia.

2. Konstruksi Piramida yang Megah

Dilihat dari bentuk, besar, dan posisinya, piramida seperti sesuatu hal yang sudah dilakukan oleh orang di zaman Mesir Kuno. Pada era itu ilmu tentang geometri belumlah ada. Lantas bagaimana mereka membuat sebuah konstruksi bangunan yang megah dan tak lekang oleh waktu. Bahkan setelah ribuan tahun, beberapa Piramida di Mesir masih utuh dan menyimpan banyak sekali benda-benda bersejarah di dunia.

Piramida [image source]
Piramida [image source]
Oh ya, teknologi yang berhubungan dengan pembangunan piramida masih terus diperdebatkan hingga sekarang. Banyak yang bilang jika teknologi era Mesir kuno sudah bagus. Namun, ada juga sebuah teori konspirasi yang mengatakan jika Piramida dibangun dengan bantuan makhluk dari luar angkasa. Dalam hal ini adalah alien.

3. Teknologi Pandai Besi di Masa Lalu

Ada beberapa teknologi pembuatan sebuah batang besi paling hebat di India. Pada tahun 400-an masehi mereka sudah bisa membuat besi yang tahan karat. Mereka mencampurkan beberapa komponen ke dalam bijih besi, lalu mencetaknya menjadi sebuah tiang tinggi seberat 6 ton. Ajaibnya, tiang ini tidak mengalami korosi, meski telah berusia lebih dari seribu tahun. Ilmuwan masih menyelidiki teknologi ini agar bisa diterapkan di dunia modern, meski kita sudah bisa membuat baja anti karat.

pedang Damascus Steel [image source]
pedang Damascus Steel [image source]
Selanjutnya ada Damascus steel yang merupakan pedang yang bahannya diimpor dari India bagian selatan. Pedang ini dibuat dengan teknologi yang tinggi. Bahkan bisa digunakan untuk menebas apa saja yang keras dengan sangat mudah. Permukaan dari pedang ini bergelombang-gelombang dan unik. Teknologi pembuatan pedang ini telah hilang dan sampai sekarang tak ada yang bisa membuatnya lagi.

4. Concrete dari Romawi Kuno

Concrete adalah campuran material yang digunakan oleh orang Rowani kuno untuk membangun. Bahan yang digunakan oleh orang Romawi kuno bisa dibilang sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, bahan ini akan terus menguat seiring berjalannya waktu. Artinya bangunan ini tak akan pernah hancur. Bahkan jika berumur ribuan tahun, bangunan akan semakin kokoh.

Teknologi concrete [image source]
Teknologi concrete [image source]
Sayangnya, teknologi ini akhirnya hilang begitu saja sejak Romawi kuno runtuh. Jika saja teknologi ini bisa ditemukan lagi, maka bangunan di seluruh dunia akan semakin awet. Semakin kuno bangunan semakin kuat strukturnya hingga kemungkinan runtuh atau rusak akan mendekati nol.

5. Antikythera Mechanism

Antikythera Mechanism adalah komputer analog paling tua di dunia. Alat ini dibuat sekitar tahun 140 sebelum masehi, atau lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Dari scan X-Ray yang dilakukan ilmuwan, didapat sebuah fakta mencengangkan. Benda ini adalah alat yang digunakan untuk memprediksi posisi bulan secara akurat.

Antikythera Mechanism [image source]
Antikythera Mechanism [image source]
Teknologi ini akhirnya hilang dan baru ditemukan di era modern. Teknologi ini susah sekali ditiru karena memiliki kerumitan ekstra tinggi. Penemuan dari Antikythera Mechanism menunjukkan jika di masa lalu, manusia sangatlah genius.

Inilah lima teknologi hebat di masa lalu yang hilang di masa depan. Bagaimana menurut sobat Boombastis semuanya? Jika teknologi yang hilang di atas ditemukan lagi, apakah akan berguna bagi umat manusia?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Penemuan PENTING Oleh Romawi Kuno yang Bikin Bangsa ini Menggila di Masa Lalu

6 Alasan Wanita Menjadi Makhluk Pecemburu Terhebat