in

7 Proyek Spektakuler Bidang Sains ini Akan Menyelamatkan Manusia di Masa Depan

proyek masa depan [image source]

Seiring dengan perkembangan waktu, manusia di bumi ini akan mengalami banyak sekali gangguan. Entah itu masalah untuk perumahan, perang, hingga rusaknya alam akibat ulah manusia sendiri. Untuk mengatasi hal-hal semacam ini, banyak sekali ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu mulai mengembangkan proyek besar untuk misi menyelamatkan manusia.

Inilah tujuh proyek besar dalam bidang sains yang ke depannya diharapkan akan menyelamatkan umat manusia. Tanpa proyek ini, mungkin di masa depan kehidupan manusia akan berakhir dengan cepat.

1. Mars One

Anda mungkin sudah pernah melihat film Martian yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Film itu menceritakan tentang uji coba kehidupan di planet merah Mars. Di dunia nyata ternyata proyek serupa juga sudah ada. Namanya adalah Mars One.

Mars One adalah proyek membangun koloni di Mars [image source]
Mars One adalah proyek membangun koloni di Mars [image source]
Proyek ini diharapkan akan selesai pada tahun 2023 dan manusia bisa mulai tinggal di planet itu. Jika proyek Mars One berhasil dengan sukses, maka dalam beberapa puluh tahun lagi akan banyak orang diungsikan ke Mars jika bumi sudah terlalu padat untuk ditinggali.

2. Moon Express

Moon Express adalah salah satu proyek masa depan yang bisa dilakukan oleh manusia di bulan. Moon express akan menambang beberapa bahan tambang penting di satelit bumi ini lalu mengirimnya dengan segera. Ke depannya, jika proyek ini berhasil barang tambang yang sudah habis di bumi bisa tercukupi lagi.

Moon Express di bulan [image source]
Moon Express di bulan [image source]
Saat ini beberapa barang tambang langka mulai habis di bumi. Padahal barang tambang itu memiliki unsur kimia yang penting yang bisa digunakan untuk membuat lensa kamera, baterai nuklir hingga lampu yang hemat energi. Jika Moon Express berhasil, manusia tidak akan kesusahan meski barang tambang di bumi ini telah habis.

3. BRAIN

BRAIN adalah salah satu proyek yang membutuhkan biaya sekitar 100 juta dolar. Proyek ini bertujuan untuk melakukan pemetaan kepada otak manusia yang dikenal sangat rumit. Jika proyek ini berhasil, ke depannya penyakit yang berhubungan dengan otak seperti Alzheimer, demensia, autisme, dan post traumatic disorder akan bisa ditangani dengan serius. Bahkan disembuhkan.

Proyek BRAIN untuk otak manusia [image source]
Proyek BRAIN untuk otak manusia [image source]
Proyek ini diperkirakan akan memakan waktu yang sangat lama, bahkan hingga puluhan tahun. Jika proyek BRAIN berhasil, kehidupan manusia akan berjalan dengan sangat baik. Bahkan saat mereka telah tua dan kinerja otaknya menurun.

4. Millenium Seed Bank Project

Saat ini bumi sedang mengalami penurunan jumlah hutan yang di dalamnya banyak sekali tanaman langka. Untuk mengatasi hal ini, ilmuwan akhirnya memulai misi untuk mengumpulkan semua biji-bijian dari tanaman di seluruh dunia.

Millenium Seed Bank Project [image source]
Millenium Seed Bank Project [image source]
Biji tanaman ini akan disimpan dan nantinya akan dikembangkan jika sewaktu-waktu ada tanaman yang punah. Jika proyek ini berhasil di masa depan, maka manusia tidak akan perlu khawatir jika suatu saat ada tanaman langka yang hilang. Bahkan saat bumi hancur dan tidak ada tanaman lagi, bank biji ini akan menjadi permulaan untuk membangun hutan.

5. Arcosanti Project

Arcosanti adalah sebuah proyek arsitektur yang menggabungkan komponen arsitek dengan ekologi. Artinya ke depannya, setiap bangunan yang berdiri harus memiliki komponen ekologi yang banyak. Misal setiap bangunan harus memiliki bagian yang berisi pohon-pohon atau komponen ekologi lain seperti air dan batu-batuan.

Arcosanti project [image source]
Arcosanti project [image source]
Proyek Arcosanti dianggap akan mampu mengurangi perusakan lingkungan. Selain itu dengan mengintegrasikan komponen ekologi dalam arsitek, akan menumbuhkan rasa melindungi lingkungan pada manusia. Jika proyek ini berhasil, tingkat polusi dunia juga akan berubah.

6. Frozen Ark Project

Frozen Ark Project adalah proyek yang hampir sama dengan Millenium Seed Bank yang digunakan untuk menyimpan biji tanaman. Frozen Ark Project menyimpan sample DNA dari hewan-hewan yang ada di dunia hingga saat ini jumlahnya sudah mencapai 48.000 sample DNA.

Frozen Ark Project [image source]
Frozen Ark Project [image source]
Di masa depan, saat teknologi kloning sudah sangat maju, hewan-hewan yang sudah punah bisa diciptakan kembali. Dengan begitu, anak cucu kita di masa depan masih tetap bisa melihat hewan-hewan yang mungkin saat ini mulai punah seperti Badak Jawa.

7. CERN

CERN adalah bukti dari usaha ilmuwan di masa lalu untuk membuat manusia di masa depan bisa hidup dengan baik. Proyek ini bertujuan untuk memahami kerja atom-atom yang ada di bumi ini. Proyek CERN bekerja langsung untuk mengamati partikel lalu menggunakannya untuk perkembangan teknologi. Salah satunya adalah nuklir.

Proyek CERN untuk meneliti partikel atom [image source]
Proyek CERN untuk meneliti partikel atom [image source]
Ke depannya CERN diharapkan akan mampu digunakan untuk meneliti komponen-komponen penting di dunia. Saat ini mungkin CERN tak berguna banyak, namun di masa depan diharapkan akan membuka mata manusia jika banyak hal penting yang belum mereka ketahui. Salah satunya adalah dunia atom yang merupakan miniatur alam semesta.

Inilah tujuh proyek besar di bidang sains yang akan menyelamatkan umat manusia, bahkan bumi serta isinya di masa depan. Dari tujuh proyek di atas mana yang menurut anda paling hebat dan benar-benar bisa jadi kenyataan?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Senjata Nuklir Paling Mematikan ini Bisa Membuat Bumi Hancur Lebur

7 Handphone Jadul yang Dulu Jadi Primadona dan Ikon Muda-Mudi Gaul