in

5 Sosok Muslim Abad Pertengahan yang Mungkin Lebih Cerdas Daripada Einstein

Kembali ke abad pertengahan, Islam pernah sangat berjaya di dunia. Tak hanya menguasai sekitar sepertiga Bumi, tapi juga mengembangkan bidang-bidang keilmuan dan sains. Alhasil, di era tersebut muncul lah pemikir dan ilmuwan handal yang namanya terkenal hingga kini, bahkan bukunya jadi rujukan literatur keilmuwan modern.

Baca Juga : 10 Orang Terkenal yang Ternyata Muslim Dan Perjalanan Mereka Menemukan Islam

Nama-nama seperti Avicenna, Al Khwarizmi, Zahrawi mungkin jarang sekali terdengar, tapi mereka sukses menciptakan hal-hal keren yang bahkan tak kalah dari apa yang dilakukan Einstein. Mari kembali telusuri pembesar muslim ini dan siap-siap tercengang akan kiprah mereka. Simak ulasannya berikut.

1. Avicenna

Bagi kamu yang kuliah kedokteran pastinya sudah tak asing lagi dengan nama satu ini, Avicenna alias Ibnu Sina. Ia adalah seorang penulis, ilmuwan dan juga seorang dokter. Avicenna lahir di Afsyahnah, sebuah daerah yang sekarang berdekatan dengan Uzbekistan, pada tahun 980. Avicenna menghabiskan sebagian waktunya untuk menulis. Hasil karyanya sendiri tak kurang dari 450 judul buku di bidang filsafat dan pengobatan.

Avicenna, bukunya jadi literatur kedokteran modern hingga saat ini [Image Source]
Avicenna, bukunya jadi literatur kedokteran modern hingga saat ini [Image Source]
Salah satu bukunya yang paling fenomenal adalah Qanun fi Thib yang kemudian membawa dunia kedokteran ke arah modernitas. Gara-gara karyanya ini, Avicenna digelari Bapak Pengobatan Modern. Buku tersebut juga masih digunakan sebagai salah satu literatur ilmu kedokteran hingga sekarang. Avicenna meninggal pada bulan Juni tahun 1037 di Iran.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Tipe Cowok yang Bisa Bikin Mertua Jatuh Miskin Jika Menikahi Anaknya!

8 Usaha Paling Aneh yang Digunakan Para Penjahat Menghindari Polisi