in

5 Misteri dari Masa Lalu Indonesia yang Tak Bisa Dipecahkan Hingga Sekarang

Dunia mengenal Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak ragam budaya. Indonesia juga surganya wisata kuliner yang unik namun tetap nikmat. Terakhir, Indonesia juga gudangnya misteri yang banyak diburu para arkeolog, hingga praktisi mistisme. Negeri yang konon gemah ripah loh jinawi ini masih mengubur misterinya. Menyimpannya rapat-rapat hingga kadang susah untuk dipecahkan.

Berikut lima buah misteri yang berasal dari masa lalu Indonesia. Para peneliti telah mengusahakan berbagai teori namun tetap gagal untuk menguak isi misteri yang sesungguhnya. Mari kita simak bersama-sama misteri apa sajakah yang belum mampu dipecahkan itu. Monggo!

1. Manusia Hobit dari Flores

Sekitar tahun 2003 silam, tepatnya di Liang Bua, sebuah gua kapur di Flores ditemukan 9 spesimen tulang yang diduga manusia jenis baru. Tubuhnya sangat kecil hingga hanya mencapai 100 cm saja. Para arkeolog dunia saling beradu argumen dan mengatakan apakah yang ditemukan benar-benar manusia atau jenis lain, mungkin hewan kera di zaman purba.

Manusia Hobit dari Flores vs Manusia Modern [image source]
Manusia Hobit dari Flores vs Manusia Modern [image source]
Tulang-tulang yang ditemukan memang kecil, bahkan sampai dijuluki Hobit, manusia kerdil dalam film The Lord of The Ring. Para Arkeolog belum menemukan titik temu tentang siapa gerangan makhluk yang unik ini. Beberapa teori menyebutkan jika ia manusia kuno sebelum Homo Sapien.

Baca Juga :  4 Waktu ini Paling Diharamkan Untuk Menikah Menurut Orang Jawa

Semuanya masuk ke Flores dan mengalami isolasi hingga tubuhnya mengerdil. Apa yang terjadi pada makhluk ini dinamai adaptasi evolusioner, dan dinamai Homo Floresiensis.

Selanjutnya : Suku Lingon

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

cover

Mengenal Brazilian Jiu Jitsu, Ilmu Bela Diri Tersohor Hingga Pelosok Dunia

Menelusuri Sejarah Wajib Militer yang Berperan Penting dalam Peperangan di Dunia