in

7 Makhluk Mitologi Aneh dari Cerita Rakyat Jepang ini Bisa Membuatmu Merinding Ketakutan

makhluk mitologi Jepang

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang kaya dengan budaya. Selain manga, anime, dan drama. Jepang  juga dikenal dengan banyaknya cerita mitos yang kadang masih dipercaya sampai sekarang. Dari cerita mitos itu, muncul beberapa makhluk aneh yang sering membuat banyak sekali warga Jepang mengalami ketakutan.

Berikut tujuh makhluk mitologi Jepang yang masih dipercaya sampai sekarang. Keberadaan mereka telah membumi, meski awalnya hanyalah cerita yang diturunkan dari nenek moyang di masa lalu.

1. Shirime

Shirime adalah salah satu makhluk yang terus dikenang sampai sekarang. Di masa lalu, banyak sekali orang yang melaporkan melihat Shirime. Makhluk ini suka sekali mengganggu orang yang lewat dengan selalu memanggil namanya. Setelah orang itu menoleh, Shirime akan datang dengan wujudnya yang sangat aneh.

shirime [image source]
shirime [image source]
Shirime memiliki mata yang sangat besar di bagian anusnya. Mata itu akan melihat dan menjadi bagian yang sangat menakutkan. Di zaman samurai, makhluk ini suka sekali mengejar samurai yang berkeliaran di malam hari. Menurut cerita, Shirime adalah orang yang dulu pernah dibantai oleh samurai yang menjalankan misi.

2. Ittan Momen

Ittan momen mungkin terlihat seperti makhluk yang tidak berbahaya. Bentuknya mirip sekali dengan selembar kain yang panjangnya mencapai 10 meter. Kain putih ini biasanya akan terbang dan mencari orang-orang yang bisa ia takuti dan dijadikan mangsa.

Ittan Momen [image source]
Ittan Momen [image source]
Ittan momen biasanya akan mengejar manusia yang berada sendirian di jalanan. Mereka akan membuat manusia terikat dan terbelit dengan tubuhnya yang sangat tipis. Setelah manusia terikat dengan badannya, Ittan Momen akan membuat manusia tersebut kehilangan napas dan akhirnya meninggal dengan tubuh yang membiru.

3. Konak Jiji

Konak Jiji adalah sejenis makhluk mitologi yang hidup di area hutan. Mereka akan membuat manusia yang lewat di dekatnya merasa kasihan. Ia sering sekali menangis dan suaranya seperti bayi yang ketakutan. Sesaat setelah manusia mengangkatnya, maka bencana yang besar akan terjadi kepadanya.

Konak Jiji [image source]
Konak Jiji [image source]
Sesaat setelah diangkat, Konak Jiji akan menjadi makhluk yang sangat besar. Tubuhnya akan seberat 350 kilogram dan membuat orang yang mengangkatnya jatuh. Jika orang yang mengangkatnya tak beruntung ia akan langsung mati tertimpa konak jiji yang membesar seperti batu.

4. Hidotama

Hidotama adalah makhluk yang berbentuk seperti bola pai panas. Ia suka sekali masuk ke dalam rumah manusia dan membuat lubang di pintu. Di masa lalu, pintu orang Jepang banyak sekali menggunakan kertas tipis, hingga saat terkena api dari hidotama mereka akan langsung hancur dan tak bisa diperbaiki lagi.

Hidotama [image source]
Hidotama [image source]
Hidotama sebenarnya bukanlah makhluk yang agresif. Namun saat menemui manusia dan manusia yang ia temui menjadi agresif, ia akan mengamuk. Hidotama akan membakar orang yang mendekatinya hingga gosong dan tak bernyawa lagi.

5. Nuppeppo

Nuppeppo adalah makhluk yang berbentuk seperti gundukan kulit manusia yang mengerikan. Makhluk ini suka sekali tinggal di area kuburan dan keluar saat malam untuk menakuti siapa saja yang datang. Makhluk ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan tak bisa bergerak dengan cepat. Namun saat manusia kaget dan tak bisa bergerak nuppeppo akan menyerangnya.

Nuppeppo [image source]
Nuppeppo [image source]
Nuppeppo biasanya akan menindih tubuh orang yang ia tangkap. Ia akan membuat manusia yang ia temui menjadi susah bernapas. Akhirnya ia akan mati dan Nuppeppo akan mengambil bagian tubuhnya agar bersatu dengannya.

6. Kasa-Obake

Kasa-obake adalah salah satu makhluk yang awalnya merupakan benda mati. Namun, setelah berumur ratusan tahun benda itu jadi hidup karena menyerap roh yang ada di sekelilingnya. Akhirnya kasa-obake bisa bangkit dan hidup untuk mencari mangsa.

Kasa-Obake [image source]
Kasa-Obake [image source]
Kasa-obake berwujud payung kertas yang akhirnya muncul mata mulut, dan kaki. Makhluk ini suka sekali mengganggu manusia yang kebetulan keluar di malam hari. Jika manusia lari ia akan terus mengejar hingga manusia akan jatuh dan langsung mendapatkan serangan darinya.

7. Kappa

Kappa adalah makhluk legendaris yang hidup di area rawa. Makluk ini memiliki wujud seperti kura-kura karena memiliki tempurung di kepala. Pada kepala kappa biasanya terdapat semacam lubang yang digunakan untuk mengisi air agar ia tak merasa kehausan.

Kappa [image source]
Kappa [image source]
Kappa dikenal sangat kuat dan suka sekali dengan olahraga sumo. Ia memiliki kemampuan untuk memanggil hujan agar tubuhnya tak pernah kering. Makhluk ini tak pernah menyerang manusia namun selalu membuat manusia ketakutan jika bertemu dengannya di hutan.

Itulah tujuh makhluk mitologi aneh dari Jepang yang dikenal sangat mengerikan. Dari tujuh makhluk mitologi di atas, mana saja yang menurut anda paling menakutkan dan bahaya?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

6 Hal ini Lebih Baik Enyah Agar Pertelevisian Indonesia Bisa Greget Lagi

Sejarah Kelam Maritim Indonesia, Tragedi Tenggelamnya Kapal Tampomas