in

5 Kelebihan Bahasa Jawa yang Tidak Dimiliki Bahasa Lain di Dunia

Di antara sekitar 746 bahasa daerah yang ada di Indonesia, Jawa menempati posisi tertinggi sebagai bahasa yang paling banyak digunakan. Hal ini cukup masuk akal lantaran jumlah penduduk Jawa terbilang sangat banyak dan mendominasi. Bahasa Jawa bahkan dipakai di beberapa negara di luar sana sebagai media komunikasi. Salah satunya adalah Suriname yang notabene penduduknya adalah orang-orang Jawa yang dulu diasingkan oleh Belanda.

Baca Juga : 6 Gaya Pacaran Anak Muda Sekarang yang Bikin Geli

Bahasa Jawa memang unik jika dilihat dari sejarahnya yang panjang serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dulu pernah ada wacana untuk menjadikan bahasa Jawa sebagai bahasa nasional. Lalu kemudian Bung Karno tidak mengizinkannya karena satu dan lain hal.

Nah, berikut ini adalah beberapa keunikan bahasa Jawa yang tidak dimiliki oleh bahasa lain di Indonesia, bahkan mungkin dunia.

1. Bahasa Jawa Sama Sekali Tak Sulit

Tak ada yang benar-benar sulit dalam bahasa Jawa. Kita tinggal mengatakan apa yang diinginkan tanpa perlu terikat oleh prosedur apa pun. Misalnya ‘aku suka padamu’ ya cukup bilang “aku tresno karo kowe”. Tak perlu struktur yang susah misalnya memerhatikan subyek predikatnya.

Melafalkan bahasa Jawa sama sekali mudah [Image Source]
Melafalkan bahasa Jawa sama sekali mudah [Image Source]
Implementasinya juga sinkron baik ketika dilafalkan atau pun ditulis. Tak seperti bahasa Inggris yang biasanya lafal dan tulisannya beda. Misalnya ‘drunk’ yang dibaca ‘drang’. Perancis pun demikian, tulisan dan pengucapannya juga berbeda. Dalam bahasa Jawa hal yang demikian ini tidak alami.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Foto Anak-anak Dari Seluruh Dunia Ini Sanggup Membuat Orang Dewasa Kembali Merenung

7 Fakta di Balik Kemampuan Mario Teguh yang Membuat Hidupmu Lebih Super