in

5 Ikan Monster yang Bisa Kamu Pancing Sendiri di Sungai Indonesia

Beberapa waktu lalu warga sekitar sungai Ciliwung, Bogor, digegerkan oleh penemuan seekor ikan raksasa. Berjenis Arapaima, ikan yang sudah mati ini berukuran panjang 2 meter dengan lingkar badan mencapai 50 sentimeter. Setelah bikin kaget lantaran dianggap monsternya Ciliwung, ikan ini ternyata merupakan salah satu koleksi masyarakat setempat yang memang sengaja dibuang.

Arapaima sendiri memang salah satu ikan tawar terbesar yang masih hidup di Bumi. Nah, soal ikan monster, Indonesia juga punya yang tidak kalah mengejutkan. Bahkan, mereka ada di sungai-sungai yang berdekatan dengan aktivitas manusia. Beberapa pemancing sukses menangkap ikan-ikan besar itu dan dibikin kaget bukan kepalang.

Berikut adalah ikan-ikan raksasa khas sungai Indonesia yang bisa kamu tangkap sekarang juga. Awas pancing putus!

1. Ikan Tapah, Sang Monster Haus Darah

Ikan tapah mungkin bisa dimasukkan ke dalam golongan catfish alias lele. Pasalnya, bentuknya sangat identik dengan ikan tersebut, hanya saja postur tubuhnya yang bikin siapa pun ngeri ketika berhadapan dengannya. Ikan tapah lumrah dijumpai punya panjang tubuh lebih dari 1,5 meter dan berbobot puluhan kilogram.

Ikan tapah hampir sama seperti ikan lele sungai Mekong, tubuhnya gempal dan besar [Image Source]
Ikan tapah hampir sama seperti ikan lele sungai Mekong, tubuhnya gempal dan besar [Image Source]
Ikan ini menyebar di sungai-sungai yang masih agak primitif di Indonesia. Misalnya Sumatera, Kalimantan, hingga Papua. Sudah banyak cerita masyarakat setempat yang berhasil menangkap karnivora ini. Ikan ini juga konon sangat agresif dan menyerang manusia atau apapun yang mengganggunya. Memancing ikan ini sudah jelas butuh joran kelas berat serta tenaga maksimal, mungkin 10 orang gantian menariknya ketika hook up.

2. Warga Kapuas Tangkap Patin Raksasa

Patin dikenal sebagai ikan konsumsi dengan berat yang tak seberapa. Paling besar mungkin hanya berkisar hingga 20an kilo. Memancing ikan patin sendiri lumayan asyik, tapi sensasinya tidak terlalu greget menurut para angler. Namun anggapan ini sirna ketika seorang pria asal Kalimatan Barat, berhasil menangkap seekor patin raksasa. Coba tebak beratnya? 48 kilogram! Hampir seukuran bocah.

Inilah patin terbesar yang bisa ditemukan di sungai Kapuas [Image Source]
Inilah patin terbesar yang bisa ditemukan di sungai Kapuas [Image Source]
Kronologinya sendiri lewat sebuah ketidaksengajaan, ikan raksasa itu tak sengaja tersangkut di kail pria bernama Edhu tersebut. Menurut pria yang bekerja sebagai nelayan ini, tarikan sang patin raksasa sangat menyiksa. Untungnya, setelah beberapa menit akhirnya ikan ini landing dan tanpa ragu diganjar sebagai patin terbesar sungai Kapuas. Menurutnya, masih banyak yang seukuran ini bahkan lebih. Tertarik mencari tahu?

3. Bawal Raksasa Sungai Padang

Ikan bawal atau yang dikenal sebagai piranha-nya Indonesia karena bentuknya yang mirip itu, juga merupakan salah satu ikan konsumsi favorit. Ikan ini biasanya berukuran tidak besar, mungkin hanya sepanjang lengan orang dewasa saja. Namun penemuan pria bernama Jumiran asal kota Tebing Tinggi, Sumatera utara, ini akan membuat banyak orang terhenyak.

Bawal sebesar ini tarikannya bagaimana, ya? [Image Source]
Bawal sebesar ini tarikannya bagaimana, ya? [Image Source]
Ya, ia berhasil menangkap seekor ikan bawal seberat 22 kilogram. Ikan yang fisiknya tegak ini hampir seukuran badan minus kaki orang dewasa. Jumiran sendiri tak mengira jika di sungai Padang ada ikan monster ini. Uniknya, menurut Jumiran ketika dibagi-bagi, daging ikan ini sebanyak ketika masyarakat menyembelih kurban.

4. Ikan Gabus, Predator Mengerikan Sungai Indonesia

Di Inggris, ikan ini dinamakan Snakehead karena bentuknya yang lonjong serta kepalanya yang mirip dengan batok kepala ular. Ikan ini sangat ditakuti pemancing di sana dan konon sempat membuat para angler takut mancing. Di Indonesia, ikan ini juga sering kali ditemui. Walaupun bukan ikan yang ditakuti, akui saja jika ikan gabus memang memberikan sensasi aneh ketika menangkapnya. Belum lagi anggapan masyarakat yang kerap menjuluki ikan ini jadi-jadian.

Ikan Gabus, salah satu monster yang bisa ditemukan di banyak sungai Indonesia [Image Source]
Ikan Gabus, salah satu monster yang bisa ditemukan di banyak sungai Indonesia [Image Source]
Ikan gabus banyak ditemui di sungai-sungai di seluruh Indonesia. Soal ukuran, ikan ini memang monster dengan kemampuan untuk tumbuh bisa mencapai 1 meter lebih. Banyak yang sudah pernah menangkap si predator ini. Salah satunya warga Jakarta bernama Tursin yang berhasil menangkap ikan gabus 1 meter di Situ Cinere. Dikisahkannya jika menangkap ikan ini sangat tidak mudah. Butuh setidaknya, belasan menit hingga akhirnya berhasil ditangkap hidup-hidup.

5. Ikan Lele Raksasa

Membahas ikan raksasa air tawar di Indonesia takkan pernah lengkap tanpa membahas ikan lele. Ya, ikan konsumsi ini sudah bukan rahasia lagi jika bisa tumbuh sangat panjang. Ini berkat kemampuannya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan apa pun. Ikan lele raksasa bisa ditemukan di hampir semua sungai di Indonesia.

Rekor lele besar yang pernah ditemukan di Indonesia ini punya panjang 1,5 meter [Image Source]
Rekor lele besar yang pernah ditemukan di Indonesia ini punya panjang 1,5 meter [Image Source]
Kabar baiknya, tak hanya bisa ditemukan di sungai, ikan lele raksasa juga dipelihara di tambak-tambak dan dijadikan maskot. Rekor lele terbesar yang pernah ditemukan adalah milik warga Bogor bernama Nunung. Lele monster yang ditemukannya punya panjang hampir 1,5 meter dengan berat 50 kilogram.

Banyak ikan besar di Indonesia menjadikan negara ini adalah surganya para pemancing bahkan kelas dunia. Nah, tapi satu hal yang perlu diingat dari aktivitas yang juga memacu adrenalin ini. Tetap memancinglah dengan hati, maksudnya jika spesies tersebut sudah diambang kepunahan maka ingat selalu untuk melepasnya lagi. Memancing memang menyenangkan tapi jangan sampai mengorbankan hal yang juga tak kalah pentingnya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Pria yang Dijuluki ‘Habibie Muda’ Ini Berhasil Pecahkan Rumus Matematika Tersulit di Dunia

5 Sisi Gelap Kota Suci Mekah yang Akan Membuatmu Tercengang Tak Percaya