in

Mengenal Hetairai, Wanita Penghibur Kelas Atas Athena Kuno yang Dipuja Semua Orang

hetairai

Banyak orang menyebut jika prostitusi adalah salah satu bisnis paling tua di dunia. Bahkan umurnya sudah mencapai ribuan tahun. Salah satu bukti eksistensi prostitusi ribuan tahun yang lalu adalah munculnya hetairai. Mereka adalah gadis-gadis cantik yang berasal dari Athena kuno yang menggunakan tubuhnya sebagai komoditas untuk mendapatkan uang dan juga kekuasaan.

Munculnya hetairai di Athena kala itu dipandang sebagai bibit prostitusi yang ada di dunia hingga sekarang. Terlebih, Yunani kuno tempat Athena berada adalah pusat kebudayaan yang akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia. Berikut uraian lengkap tentang hetairai dan prostitusi di zaman Athena kuno.

Penyebab Munculnya Hetairai di Athena

Menjadi seorang wanita di zaman Yunani kuno adalah sebuah takdir yang tak mengenakkan. Pada zaman itu wanita dianggap sangat rendah hingga tak diperbolehkan ada dalam pemerintahan. Bahkan mereka tak diwajibkan untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang sangat layak.

munculnya hetairai [image source]
munculnya hetairai [image source]
Banyak wanita yang akhirnya protes dengan keadaan ini. Namun jika dengan melakukan demonstrasi tentu tak akan diperhatikan. Jadi satu-satunya cara yang dilakukan adalah dengan menjadi sesuatu yang diminati banyak pria. Mereka memutuskan menjadi wanita penghibur kelas atas agar lebih dihormati dan dipuja.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Fakta Persahabatan Richard dan Salahuddin, Dua Pemimpin Besar yang Berseteru Dalam Perang Salib

5 Fakta Pernikahan Pertama Stephen Hawking, Termasuk Saat Istrinya Jatuh Cinta Pada Pria Lain