in

5 Jenis Handphone ini Ternyata Jadi Favorit Orang-Orang Jahat Dalam Beraksi

Makin lama, para pelaku kejahatan semakin pintar saja. Jika dibandingkan dulu, kini mereka sudah jauh berbeda. Improvisasi mereka sangat cepat, termasuk mahir menggunakan gadget-gadget untuk mendukung aksi kejahatan. Salah satunya adalah handphone di mana alat ini jadi media yang sangat menentukan apakah sebuah aksi kejahatan berhasil atau tidak.

Para penjahat konon tidak menggunakan sembarang handphone. Hanya jenis-jenis khusus yang menurut mereka punya keunikan tersendiri dan bisa membuat aksi berjalan mulus. Dan pada faktanya, handphone-handphone ini terbukti secara nyata mampu membuat operasi kejahatan menemui keberhasilannnya.

Lalu, jenis handphone apakah yang konon bisa sering dipakai para penjahat untuk mendukung aksinya? Berikut ulasannya.

1. Nokia 105, Handphone Favorit Anggota ISIS

ISIS, siapa sangka jika organisasi sebesar dan sekaya ini justru menggunakan handphone murah dalam melakukan aksinya. Seperti yang dilansir oleh NBC News, Nokia 105 dipilih karena memiliki keunikan khusus. Salah satunya adalah bisa dimodifikasi menjadi IED atau Improvised Explosive Device alias alat pemicu ledakan.

Nokia 105 [Image Source]
Nokia 105 [Image Source]
Entah bagaimana mekanismenya, namun handphone ini dimanfaatkan fungsi getarnya dan dari sini kemudian bom akan terpicu dan meledak. Gara-gara handphone ini mungkin sudah banyak korban jiwa melayang sia-sia. Tak hanya dipakai untuk memicu bom saja, handphone yang di Indonesia seharga Rp 235 ribuan ini juga jadi media komunikasi fundamental ISIS.

2. Nokia 8210 jadi Senjata Ampuh Para Gembong Narkoba

Hampir jarang ada user saat ini yang memakai Nokia lawas. Semua orang sudah kesengsem dengan iPhone dan Android. Namun, di kala popularitasnya menurun jauh, Nokia jadul dengan label 8201 ini justru menjadi incaran. Sayangnya, mereka yang sangat menginginkan handphone ini adalah para gembong narkoba kelas kakap.

Nokia 8210, handphone bandar narkoba [Image Source]
Nokia 8210, handphone bandar narkoba [Image Source]
Di Inggris, diketahui hampir semua bandar menggunakan handphone ini. Ada banyak alasannya, pertama adalah tahan banting dan juga hemat baterai, sehingga mereka bisa berlama-lama dalam melakukan komunikasi. Alasan lain, handphone ini minim fitur dan sama sekali tak canggih. Tidak seperti iPhone atau Android, polisi tidak bisa melacak di mana posisi pemilik Nokia 8210 berada. Konon handphone ini juga dipakai para bandar di Indonesia.

3. iPhone Disinyalir Akan Jadi Handphone-nya Para Penjahat

Beberapa waktu lalu sempat terjadi debat sengit antara Apple dan FBI. Masalahnya, FBI ngotot ingin membuka data di iPhone milik seorang penjahat yang melakukan aksi di San Bernardino beberapa waktu sebelumnya. Apple menentang ini dengan alasan hal tersebut melanggar privasi pelanggan dan akan membuat fans perusahaan berlambang apel tergigit itu marah.

iPhone [Image Source]
iPhone [Image Source]
Bahkan Tim Cook juga menegaskan jika apa yang diminta FBI itu konyol. Menurut sang CEO, Apple sudah melakukan banyak investasi untuk fitur security dan juga enkripsi. Mereka takkan mungkin membiarkan investasi jutaan dolar itu lenyap hanya gara-gara hal seperti ini. Polisi yang menangani masalah ini pun berpendapat jika iPhone seperti akan makin banyak dipakai oleh para penjahat.

4. Samsung Galaxy dan iPhone Bisa Dipakai Sebagai Pemicu Bom

Petugas bandara AS saat ini tengah disibukkan dengan pemeriksaan ketat bagi siapa pun yang membawa Samsung Galaxy dan iPhone. Seperti yang dilansir dari Reuters, konon kedua smartphone ini bisa dipakai sebagai alat picu bom jarak jauh dengan memanfaatkan fitur-fitur tertentu. Tidak begitu jelas fitur khas apakah yang dimaksud.

Bomb iPhone [Image Source]
Bomb iPhone [Image Source]
Kejadian ini adalah tindak lanjut dari laporan intelijen Amerika yang mengatakan Al-Qaeda sudah mampu membuat bom khusus yang bisa dipicu dengan dua smartphone ini. Bahkan ada laporan juga kalau kelompok teroris ini juga bisa menyematkan bom dalam smartphone yang tidak bisa terdeteksi mesin scanner.

5. Galaxy S4 Dipakai Hacker Untuk Membobol ATM

Berita pembobolan ATM ini sempat bikin heboh netizen setahun yang lalu. Bagaimana tidak, hanya bermodalkan smartphone saja, seseorang bisa menguras ATM sampai habis. Dilansir dari Softpedia, handphone yang digunakan oleh pelaku kebetulan dipakai adalah Galaxy S4.

Galaxy S4 [Image Source]
Galaxy S4 [Image Source]
Mekanisme pembobolannya adalah menggunakan semacam teknik hacking khusus yakni dengan memakai baris-baris kode. Galaxy S4 sendiri bertugas sebagai media penyambung perintah saja. Gara-gara kasus ini banyak bank di luar negeri jadi panik dan kemudian merevisi alat alat keamanan di mesin anjungan tunai mereka.

Inilah deretan handphone yang jadi favorit orang-orang jahat di dunia. Ya, memang beginilah teknologi. Ketika ia berada di tangan orang baik-baik, maka teknologi akan berguna luar biasa. Sebaliknya, saat berada di tangan orang jahat, maka handphone yang kecil ini bisa jadi bencana besar.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Daerah Unik di Indonesia ini Sering Dijuluki Sebagai Surga Dunia

6 Negara dengan Hukuman Terberat Untuk Mereka yang Terlibat dengan Narkoba