in

11 Fakta Unik Tentang Papua yang Jarang Diketahui Orang

Okeee, sekarang kita akan mengulas tentang Papua. Sebuah daerah indah di ujung timur Indonesia Raya. Papua adalah provinsi yang sangat kaya dengan bahan tambang, hutan, dan kekayaan alam lainnya.

Pesona-Papua

Keragaman budayanya membuat daerah ini menjadi melting pot kebudayaan di Indonesia. Yuk kita simak fakta-faktanya.

1. Penduduk Papua yang Bermacam-macam

Tahu gak, Papua memiliki penduduk yang sangat beragam. Menurut sebuah data, jumlah penduduk asli Papua adalah 52%, sedangkan non-papua adalah 48%. Jumlah ini membuat perbandingannya hampir fifty-fifty, karena itulah budaya Papua sangat beragam.

Penduduk Papua yang Bermacam-macam
Penduduk Papua yang Bermacam-macam [ImageSource]
Jika kamu tinggal di Papua, kamu akan memahami sedikit budaya Sulawesi, Maluku, Jawa, dll. Karena penduduk yang berasal dari daerah itu sangat banyak, daerah Papua dibagi menjadi 3 provinsi dengan beberapa kabupaten. Kerukunan beragama pun sangat terasa di Papua, toleransi dan tenggang rasa antar masing-masing penganutnya membuat Papua menjadi tempat yang kondusif untuk beribadah.

2. Suku dan Bahasa Asli Papua yang Beragam

Orang asli Papua sendiri terdiri ratusan suku. Masing-masing suku memiliki bahasanya sendiri, jumlah bahasa ini bahkan mencapai hampir 300 bahasa. Oleh karena itu banyak ahli bahasa yang mengatakan bahwa 1/5 bahasa di dunia, ada di Papua.

Suku dan Bahasa Asli Papua yang Beragam
Suku dan Bahasa Asli Papua yang Beragam [ImageSource]
Karena keragaman inilah, bahasa yang digunakan di sana adalah bahasa Indonesia yang cukup baku. Orang-orang yang tertinggal di daerah terpencil, di atas gunung atau di dalam lembah hampir semuanya menguasai bahasa Indonesia dengan cukup baik.

3. Sempat Menjadi Daerah Perang Saat Perang Dunia 2

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Papua sempat menjadi daerah perang Pasifik di tahun 40an. Pulau Papua yang sangat besar itu menjadi rebutan antara tentara sekutu (yang dipimpin Amerika) dan Jepang.

Sempat Menjadi Daerah Perang Saat Perang Dunia 2
Sempat Menjadi Daerah Perang Saat Perang Dunia 2 [ImageSource]
Banyak sekali bekas-bekas peninggalan kendaraan perang dan senjata di Papua, yang menjadi saksi bisu sejarah di sana. Kalung pengenal tentara Amerika yang meninggal di sana menjadi souvenir unik bagi pemuda Papua di tahun 90an. Mereka menemukannya dengan cara menggali tanah.

4. Papua tidak hanya Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat yang terkenal di seluruh dunia, sedikit ‘membutakan’ orang terhadap keindahan Papua yang lain.

Papua tidak hanya Raja Ampat
Papua tidak hanya Raja Ampat [ImageSource]
Di sana banyak sekali daerah-daerah yang tidak kalah indahnya dengan Raja Ampat. Seperti Teluk Triton, Danau Sentani, Lembah Baliem, dan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

5. Pinang

Ya, orang Papua suka makan Pinang. Caranya seperti mengunyah permen karet, dengan dicampurkan sirih dan kapur. Rasanya yang sepat dan unik, membuat Pinang menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang baru mengunjungi Papua.

Pinang
Pinang [ImageSource]
Ada ungkapan “belum ke Papua, jika belum makan Pinang”. Biasanya saat mengunyah pinang, air ludah akan berubah menjadi berwarna merah. Hal ini membuat pemerintah setempat menyiapkan plastik dan tempat khusus untuk membuang lidah pinang. Fungsi pinang katanya adalah untuk membersihkan dan menguatkan gigi.

6. Papua Relatif Aman

Banyak orang yang takut untuk datang ke Papua karena menganggap bahwa Papua merupakan daerah konflik yang tiap hari ada kekerasan, penembakan, dan pembunuhan. Sebenarnya Papua sama saja dengan daerah-daerah lain di Indonesia, suasana relatif aman karena orang Papua sendiri aslinya cinta damai.

Papua Relatif Aman
Papua Relatif Aman [ImageSource]
Biasanya provokasi dan ketidaktahuan yang membuat kekerasan terjadi, tetapi hal seperti ini pun berlaku di mana saja. Mengenai penembakan dan perang, biasanya terjadi di daerah pedalaman yang sangat jauh dari perkotaan dan pemukiman. Tak dapat dipungkiri bahwa kekerasan masih terjadi di Papua, tetapi secara umum Papua masih terhitung aman kok!

7. Mop

“Epen kaaaah?”, “Cupen tooooh!” itu adalah sebuah ungkapan khas Papua yang kemudian ngehits di Indonesia karena video video yang diunggah di Youtube. Video-video itu sebenarnya berasal dari cerita-cerita lucu dari mulut ke mulut yang disebut “Mop”. Budaya Mop ini sudah sangat mengakar di Papua sehingga setiap hari ada saja mop baru yang muncul.

Setiap orang di Papua jika berkumpul pasti menceritakan mop, sehingga mop kemudian menjadi alat keakraban dan pemersatu yang cukup baik. Budaya mop ini hampir sama dengan stand up comedy, tetapi dilakukan secara kultural dan penuh keakraban. Biasanya diceritakan secara bergiliran antar sesama teman yang berkumpul. Jadi, jauh sebelum stand up comedy ngetrend, orang Papua sudah melakukannya jauh lebih dulu.

8. Noken

Noken adalah sebuah tas unik khas Papua yang terbuat dari benang atau anyaman kulit kayu. Menjadi perlengkapan “wajib” bagi orang-orang di sana untuk menenteng bawaan.

Noken_Papua
Noken_Papua [ImageSource]
Biasanya hasil kebun, kayu, dll. Wanita-wanita Papua biasanya menggunakan Noken di kepala mereka. Tas ini diakui Unesco sebagai warisan dunia asli Papua.

9. Batik

Papua juga punya batik loh. Biasanya coraknya khas dengan kekayaan alam Papua seperti burung cenderawasih, ukiran patung, dll.

Batik ala Papua
Batik ala Papua [ImageSource]
Teknik pembuatannya pun sudah modern, harganya cukup relatif. Biasanya batik ini digunakan di sekolah-sekolah atau kantor pemerintah.

10. Bukan Lagi Daerah Tertinggal

Banyak orang yang mengira bahwa semua penduduk Papua itu telanjang dan suka makan manusia. Padahal kanibalisme sudah tidak ada lagi di Papua sejak dahulu, dan penduduk Papua yang masih telanjang, ada di beberapa daerah terpencil di Papua.

Meskipun masih banyak daerah pedalaman yang belum terjamah pembangunan, secara umum Papua sudah cukup maju. Sudah banyak mall, dan pasar modern. Tetapi karena orang Papua cukup dekat dengan alam, maka keaslian alam Papua masih dipertahankan. Sehingga kita banyak menemukan daerah-daerah gaul muda mudi Papua di tepi pantai atau diatas gunung. Banyak juga loh artis ibukota yang manggung di Papua

11. Salju

Papua punya salju! Tepatnya berada di daerah puncak Jaya di pegunungan Cartenz. Puncak ini adalah puncak tertinggi di Indonesia. Sudah banyak ekspedisi pecinta alam yang berhasil naik sampai ke atasnya dan menikmati salju di daerah khatulistiwa.

Pegunungan Cartenz_Saljunya Papua
Pegunungan Cartenz_Saljunya Papua [ImageSource]
Meskipun Papua telah maju, banyak sekali PR bagi pemerintah dan penduduk Indonesia secara umumnya untuk turut membantu Papua agar lebih kondusif, lebih maju, dan lebih nyaman. Kita semua bertanggung jawab untuk membangun Papua. Amin.

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

Kerajaan ghaib Indonesia

5 Kerajaan Gaib yang Konon Ada di Beberapa Wilayah Indonesia

Inilah Tanggapan Aprilia Manganang Terkait Gendernya yang Diragukan