in

5 Fakta Militer Amerika ini Membuat Negara Lain Mikir 1000 Kali Sebelum Menyerang

Selain Korea Utara, Amerika Serikat boleh dibilang jadi negara yang paling tidak disukai di dunia. Ya, negara Paman Sam ini konon dibenci oleh banyak negara mulai Rusia, Jerman, Slovenia sampai kabarnya Tiongkok. Namun, meskipun dibenci seperti itu, nyatanya Amerika sama sekali tidak goyah atau takut sedikit pun. Alasannya, sudah tentu karena negara ini adalah yang paling hebat di dunia.

Di atas kertas, Amerika memang harus diakui jumawa. Lebih-lebih soal militer mereka yang gila dan menjadi nomor satu di dunia. Tentang militer Amerika, memang tidak bohong kalau ada yang mengatakan mereka hebat. Dari banyak hal, rata-rata Amerika menjuarainya. Kekuatan darat, laut, apa lagi udara.

Secara lebih terperinci, inilah detail kekuatan Amerika yang membuatnya disegani dunia berdasarkan indeks yang dirilis oleh Global Fire Power (GFP).

1. Jumlah Personel Aktifnya Sangat Banyak

Tentara adalah nadi utama kekuatan militer sebuah negara. Logikanya, makin banyak jumlah tentara sebuah negara, maka makin kuat negara tersebut. Amerika mungkin bukan negara dengan jumlah tentara terbanyak, namun totalnya sendiri bisa dibilang sangar. Menurut data GFP di tahun 2015 jumlah tentara aktif di negara ini adalah sekitar 1,4 juta personel dan menjadi yang terbanyak kedua di dunia setelah Tiongkok.

Tentara elit Amerika [Image Source]
Tentara elit Amerika [Image Source]
Kekuatan tentara Amerika tidak hanya tentang jumlah personel yang aktif saja, tapi juga para personel cadangan. Diperkirakan ada sekitar 1,1 juta personel back up yang dimiliki Amerika. Satu hal lagi yang harus diingat, di dalam banyaknya jumlah tentara ini, terdapat banyak sekali anggota Navy SEAL yang merupakan pasukan elit paling mematikan di dunia. Belum dihitung juga Delta Force yang juga punya kemampuan mematikan.

2. Kekuatan Darat Amerika Bikin Negara Lain Terkencing-Kencing

Banyaknya tentara digabung dengan banyaknya peralatan. Jadinya? Ya, tentu saja sangat mematikan. Amerika memang merupakan salah satu negara dengan jumlah alutsista darat paling banyak di dunia. Salah satu buktinya adalah jumlah tank mereka yang mencapai angka 8.848 buah dan menjadi negara nomor 3 dengan tank terbanyak di dunia.

Kendaraan Lapis Baja AS [image Source]
Kendaraan Lapis Baja AS [image Source]
Tapi, kekuatan darat Amerika bukan cuma tank saja. Jangan lupakan kendaraan lapis baja mereka yang fenomenal itu. Tercatat, hingga hari ini Amerika setidaknya memiliki sekitar 41.063 buah kendaraan lapis baja. Jumlah ini adalah yang paling banyak di dunia. Dibandingkan dengan juara dunia yakni Rusia, selisihnya hampir sekitar 10 ribu buah. Gila!

3. Kekuatan Udara Amerika Paling Mematikan di Dunia

Di semua ranah militer Amerika memang mematikan, tapi jika harus diranking, maka kekuatan udara merekalah yang terhebat. Saat ini, Amerika memegang juara untuk urusan militer udara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah alutsista angkasa mereka. Salah satunya misalnya pesawat tempur mereka yang berjumlah sekitar 2.785 buah dan jadi yang paling banyak di dunia.

Angkatan udara Amerika [Image Source]
Angkatan udara Amerika [Image Source]
Tak hanya tentang jumlah, kita harus ingat kalau Amerika adalah negara kreator dan produsen. Soal teknologi aviasi, mereka jelas unggul daripada negara lain, walaupun status Rusia juga sama dalam hal ini. Nah, kembali ke jumlah alutsista udara Amerika, mereka juga punya 5.739 pesawat pengangkut, 6 ribuan helikopter, serta 957 helikopter tempur. Dengan kekuatan semacam ini, hanya negara yang mau bunuh diri saja yang ingin menyerang Amerika.

4. Kekuatan Laut Amerika Juga Tak Boleh Diremehkan

Secara mengejutkan Korea Utara dianggap negara dengan kekuatan laut terbesar. Hal ini dikarenakan mereka memang punya banyak sekali alutsista laut terutama kapal coastal defence yang jumlahnya sangat banyak. Meskipun demikian, Amerika Serikat juga punya banyak hal gila di kekuatan laut mereka yang bikin negara lain ketar-ketir.

Kapal Induk AS [Image Source]
Kapal Induk AS [Image Source]
Amerika memang memiliki alutsista laut yang gila. Misalnya kapal selam mereka yang berjumlah sekitar 75 buah dan jadi yang terbanyak di dunia. Tak hanya itu, mereka juga punya 62 kapal destroyer dan 6 buah frigate. Dan jangan lupakan pula tentang kapal induk mereka yang jumawa itu. Hingga detik ini, Amerika masih jadi negara dengan jumlah kapal induk paling banyak di dunia.

5. Defence Budget yang Gila Serta Kepemilikan Nuklir

Tak hanya soal jumlah personel dan juga alutsista, Amerika juga punya senjata lain yang tak kalah mematikan. Ya, anggaran dan juga nuklir. Perlu diketahui, Amerika adalah negara dengan anggaran pertahanan paling banyak di dunia. Menurut GFP, jumlahnya mencapai sekitar $ 581 miliar. Tiongkok sendiri yang menempati juara dua hanya memiliki $ 155 miliar saja.

Nuklir Amerika [Image Source]
Nuklir Amerika [Image Source]
Tentang nuklir, sudah jelas Amerika juga memilikinya bahkan sudah menggunakannya sejak jauh-jauh hari. Nuklir adalah hal yang paling ditakuti di dunia, dan adanya benda ini akan memaksa negara-negara di dunia berpikir sangat keras jika ingin menyerang AS. Risikonya terlalu besar, bahkan mungkin memicu kehancuran dunia.

Inilah fakta-fakta dari militer Amerika. Dengan berdasarkan data-data ini, maka kita bisa anggap sebuah negara sangat berani kalau sampai menantang Amerika. Ya, ibarat tupai melawan gajah, itulah analogi yang pas ketika sebuah negara berhadapan dengan AS. Makanya, tak heran meskipun banyak dibenci, Amerika tetap tenang dan tak bergeming.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Operasi Rahasia Terdahsyat ini Terjadi Saat Perang Dunia ke-II

Inilah 5 Alasan Mengapa Korea Selatan Mulai Dibenci Dunia