in

Inilah 5 Atlet Olahraga Paling Legendaris di Indonesia, Kamu Masih Ingat?

atlet legendaris

Dalam urusan olahraga, Indonesia mungkin masih kalah jauh dengan negara seperti Tiongkok, Jepang, Amerika, bahkan Thailand sekali pun. Meski demikian, negeri ini memiliki banyak sekali legenda-legenda olahraga yang telah membawa Merah Putih berkibar di mana-mana. Di tangan, kaki, bahkan kepala mereka, Indonesia jadi dikenal dunia.

Kini tujuh atlet hebat dan sangat legendaris ini telah pensiun. Namun, apa yang mereka lakukan kepada Indonesia di masa lalu sudah sepatutnya diberi apresiasi sebesar-besar. Dan salah satu cara untuk melakukan itu adalah dengan mengingat apa yang mereka lakukan di masa lalu. Sobat Boombatis, mari mengingat kehebatan mereka.

1. Rudy Hartono – Bulu tangkis

Tidak salah jika kita menyebut Rudy Hartono sebagai legenda bulu tangkis Indonesia, bahkan dunia. Kiprahnya di dunia tepok bulu ini sangatlah luar biasa. Bahkan bisa dibilang tak ada yang menyamai prestasinya hingga saat ini. Di tangan Rudy Hartono, Indonesia mampu menyabet Piala Thomas empat kali berturut.

Rudy Hartono [image source]
Rudy Hartono [image source]
Ia juga memenangkan All England—kejuaraan bulu tangkis paling prestisius Eropa—sebanyak 8 kali. Tujuh diantaranya dilakukannya secara berurutan sepanjang tahun. Berkat Rudy, Indonesia jadi dikenal sebagai raksasa bulu tangkis dunia meski sekarang prestasinya agak sedikit melorot terutama sektor putri.

2. Simson Rumah Pasal – Sepak Bola

Simson Rumah Pasal adalah salah satu atlet sepak bola legenda dari Indonesia. Ia adalah bek kanan unggulan yang membawa Indonesia ke kancah pertandingan dunia seperti Merdeka Games, Pra Olimpiade, King’s Cup, SEA Games, dan Pra Piala Dunia. Simson aktif di sepak bola Indonesia pada kurun waktu tahun 70-80-an. Setelah ia gantung sepatu dan memilih menjadi seorang pelatih.

Simson Rumah Pasal [image source]
Simson Rumah Pasal [image source]
Nama Simson mungkin tak begitu terkenal saat ini. Namun apa yang ia lakukan sangatlah besar bagi negeri ini. Dari tahun 1986-2012 ia melatih sepak bola di 13 tempat yang berbeda. Apa yang dilakukan Simson adalah wujud dedikasinya dalam memajukan sepak bola yang ada di Indonesia. Meski saat ini, Indonesia masih terpuruk di olahraga yang disukai jutaan orang ini.

3. Elyas Pical – Tinju

Urusan olahraga adu jotos, Elyas Pical belum ada tandigannya di Indonesia. Ia adalah salah satu yang terhebat dari dunia meski pun Indonesia juga sudah memiliki Christ John. Di masa lalu, Elyas banyak sekali memenangkan pertandingan di kancah internasional. Bahkan ia sempat dijuluki sebagai The Exorcet karena memiliki pukulan yang sangat sangat hebat terutama pada hook dan uppercut ke kiri.

Elyas Pical [image source]
Elyas Pical [image source]
Prestasi paling membanggakan dari Elyas Pical adalah menjadi juara dunia IBF kelas Bantam Junior di tahun 1985. Ia satu-satunya orang dari Indonesia yang mampu menyabet penghargaan paling membanggakan di dunia ini. Dari 20 pertandingan, 11 kemenangannya didapat dengan membuat lawan KO dan tidak dapat melawan lagi.

4. Richard Sambera – Perenang

Prestasi Indonesia di bidang olahraga renang bisa dibilang sangat minim. Bahkan untuk kancah regional seperti Asia Tenggara sekali pun masih keok jika dibandingkan dengan negara lain. Pencapaian terbaik dari Indonesia terjadi saat Richard Sambera masih aktif dan menjadi motor penyumbang medali terbanyak bagi negeri yang sudah haus akan prestasi.

Richard Sambera [image source]
Richard Sambera [image source]
Richard Sambera mungkin belum sehebat perenang lain yang menembus Olimpiade atau kejuaraan dunia. Namun ia sudah cukup hebat dengan menggondol banyak sekali medali di SEA Games 1991, 1995, 1997 dan paling terakhir di 2005. Prestasi yang dimiliki oleh Richard Sambera hingga saat ini. Renang bukanlah olahraga yang menjadi perhatian pemerintah atau bahkan masyarakat di Indonesia berbeda dengan sepak bola atau bulu tangkis.

5. Suryo Agung Wibowo – Pelari

Suryo Agung Wibowo dikenal sebagai manusia paling cepat di Asia Tenggara. Ia adalah pelari spesialis 100 meter kebanggaan Indonesia yang sangat melegenda. Catatan terbaik dari Suryo adalah 10,17 detik untuk jarak tempuh 100 meter. Hal ini membuat Suryo menjadi pemecah rekor di pertandingan lari SEA Games.

Suryo Agung Wibowo [image source]
Suryo Agung Wibowo [image source]
Lari dan segala jenis olahraga atletik tidak begitu dijagokan di Indonesia. Meski demikian, Suryo tetap berjuang dan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ia membawa nama baik Indonesia hingga kancah internasional meski saat ini tak banyak yang tahu tentang siapa dia. Anda pernah mendengar nama Suryo Agung Wibowo?

Inilah lima atlet olahraga paling legendaris di dunia. Kemampuan mereka yang sangat hebat mampu membuat negeri ini harus di muka dunia. Oh ya sobat Boombastis , kira-kira adakah atlet lagi yang layak disandangkan sebagai atlet legendaris Indonesia?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Fakta Sangar Jenghis Khan, si Penguasa Dunia Paling Jumawa Sepanjang Sejarah

5 Peristiwa Bersejarah di Dunia ini Bisa Menjadi Film yang Sangat Hebat